Tuesday, February 12, 2013

Diary Seorang Calon "Putri Raja"

Sinopsis :
Asyik sekali rasanya kalau bisa masuk ke dalam kelompok populer di sekolah, yaitu Geng Putri Raja yang anggotanya cewek-cewek gaul. Itulah yang Jillian inginkan sejak dia naik kelas lima.

Tapi, ternyata Geng Putri Raja menganggapnya culun. Apalagi, dia sudah “ternigelisasi”—tercemar oleh pengaruh Nigel, si raja culun kelas lima. Dan keadaan semakin kacau ketika cowok-cowok culun lain ingin jadi temannya.

Bisakah Jillian jadi cewek gaul? Atau dia jadi semakin culun? Yuk, kita intip diarynya!


Judul      : Diari Seorang Calon "Putri Raja"
Penulis   : Jessica Green
Penerbit : Atria
Terbit     : Desember 2007
Tebal     : 246 hlm.
ISBN     : 978-979-1411-21-9


*****
Buku ini saya beli sekitar 2 tahun yang lalu, jaman-jamannya seneng banget beli buku dan nimbun buku. Tapi jeleknya saya adalah banyak beli buku dan gak langsung di baca, malah sebagian besar saya masukin container, akhirnya cuma jadi timbunan buku aja sampe sekarang. Nah, bulan Februari ini saya mulai keluarin tuh satu-satu timbunan buku di gudang dan  menemukan buku ini di timbunan paling atas isi container, kalo paling atas artinya buku ini termasuk salah satu buku yang saya prioritaskan untuk baca.

Pada dasarnya saya pikir buku ini mirip-mirip sama buku Princess Diary-nya Meg Cabot atau sekedar buku cerita yang berkisah tentang seorang anak perempuan yang memang besarnya nanti akan menjadi Putri Raja. Tapi ternyata oh ternyata... Ini buku diary beneran >,< Buku diary dari seorang anak SD namanya Jillian. Lebih tepatnya adalah guru di kelas Jiliian sekolah meminta setiap muridnya menuliskan jurnal harian, mirip sama jurnal yang diceritakan pada film Freedom Writers. Ceritanya di setting dengan alur harian, yaa layaknya kita nulis buku diary deh pokoknya. Setting tempatnya kebanyakan di sekolah,  namanya juga anak SD yaa kegiatanya kalo gak sekolah cuman dirumah..hehee  Lalu saat membaca buku ini, saya mendapatkan kenyataan bahwa Jillian bukan anak dari seorang Raja, dan dia bukan seorang calon Putri Raja.

Walaupun buku ini bersetting anak-anak. Tapi cerita dan pesan moral nya gak hanya untuk anak-anak, tapi buat orang dewasa pun ngena banget pesan-pesan nya. Buku ini berkisah tentang seorang anak perempuan yang cenderung "tidak populer" dan tidak memiliki banyak teman. Dia memimpikan bahwa suatu hari dia akan masuk ke dalam kelompok cewek-cewek populer yang dia beri julukan "Genk Putri Raja" di sekolahnya. Satu-satunya orang disekolah yang mau jadi temanya yaitu Nigel, seorang kutu buku. Namun selama perjalanannya melewati kelas 5 disekolah, ternyata dia juga belajar untuk menemukan jati dirinya, belajar menjadi orang yang apa adanya, be your self, belajar berteman, belajar matematika dan banyak pelajaran hidup lainnya yang dia tangkap selama satu tahun duduk di kelas 5 ini. Hari-harinya dikelas lima dituliskan dalam sebuah buku Jurnal, semua murid menulis setiap hari Senin hingga Jumat, menceritakan apapun yang dia inginkan dan diakhir pekan, Mrs. Bright (guru kelas 5) akan membaca dan memberikan masukan kepada jurnal-jurnal tersebut, pada cerita ini tentu saja jurnal harian Jillian yang diceritakan. :)

Ada banyak cuplikan, qoutes, dan pelajaran-pelajaran hidup yang saya suka dari buku Diary Seorang Calon "Putri Raja", terutama yang ini..
SEPULUH CARA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACAMU:
1. MEMBACA
2. MEMBACA
3. MEMBACA
4. MEMBACA
5. MEMBACA
6. MEMBACA
7. MEMBACA
8. MEMBACA
9. MEMBACA
10. MEMBACA!

Jika kamu ingin menjadi penulis yang andal, kau harus :
MENULIS, MENULIS,MENULIS, MENULIS,
MENULIS, MENULIS,MENULIS, MENULIS,
MENULIS! (hlm.4)

Mum pernah berkata: "Orang-Orang Hebat Berpikiran Sama". (hlm. 37)

Ceritamu ditulis dengan baik dan imajinatif. Ejaanmu memuaskan. alasan mengapa kau tidak mendapatkan nilai A karena ceritamu mengancam orang lain. Malapetaka dalam permintaan harusnya terjadi pada sang peminta; kau membuat korban permintaanmu yang menderita. (hlm. 45)

Terus maju atau tidak: itulah pertanyaanya:
Entah lebih mulia dalam hatiku
untuk menahan
Lontaran batu dan anak panah
kesialan yang hebat,
Atau merengkuh samudra kesulitan,
Dan melawannya hingga semua musnah. (hlm. 50)

Dia bilang, jika aku mengalami dilema, aku harus membuat daftar pro dan kontra, lalu membuat keputusan. (hlm. 68)

Mum bilang tentang sesuatu, semacam aku tidak boleh sama keras kepalanya. Kupikir, artinya aku tidak boleh membalas melakukan hal itu kepadanya. Kupikir aku tidak akan MEMBALAS melakukan itu kepadanya. Kuharap dia akan merasa malu. (hlm. 88)

ALWAYS LOOK ON THE BRIGHT SIDE—LIHATLAH SELALU SISI TERANGNYA. (hlm. 141)

Hhmmm... Emang sih beberapa quotes yang kata-katanya sangat ngena dengan jalan hidup saya. Ya itulah yang membuat saya akhirnya jatuh hati sama buku ini :)

- A

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Comments system