Saturday, February 23, 2013

Percy Jackson & The Olympians : The Lightning Thief

Judul : Percy Jackson & The Olympians - The Lightning Thief / Pencuri Petir
Penulis : Rick Riordan
Penerbit : Mizan Fantasi
Terbit : Cetakan ke-V, Mei 2010
Tebal : 454 hlm.
ISBN : 978-979-433-540-6


Salah satu buku yang akhirnya keluar dari timbunan dan selesai aku baca. Ini buku Mythology pertama yang aku baca. Ceritanya tentang Percy, anak blasteran atau setengah dewa yang mendapatkan misi mencari petir yang dicuri. Dia berangkat menjalani misi sama dua teman nya Grover dan Annabeth. Di perjalan mereka banyak bertemu makhluk aneh, monster, bahkan mereka bertemu Dewa yang lumayan menghambat perjalanan mereka untuk menemukan petir itu. Bisakah Percy menyelesaikan misinya? Ayoo baca aja bukunya.. seru kok.. :)

Buku ini saya baca dalam dua versi, buku cetak dan ebook. Karena ternyata di buku cetak saya banyak halaman yang hilang. Jadi halaman-halaman hilang itu saya teruskan baca di ebook. Bukunya bagus, alur ceritanya rapih, cuman agak-agak sedikit keganggu sama terjemahan yang kadang dibaca nya itu gak pas aja. Contohnya waktu Percy ngobrol sama Darrin di Las Vegas,
Kami bermain penembak-jitu bersama dan dia berkata‚ "Aduhai, sobat. Aku baru dua minggu di sini, dan permainannya makin lama makin keren."
Aduhai?
Kemudian, saat kami mengobrol, aku mengomentari sesuatu sebagai‚ "gue banget", dan dia menatapku agak heran, seolah-olah belum pernah mendengar kata itu digunakan seperti itu sebelumnya. (hal. 188, ebook)
Kalau versi bahasa Inggrisnya:
We played a game of sharpshooters together and he said, "Groovy, man. Been here two weeks, and the games keep getting better and better."
Groovy?
Later, while we were talking, I said something was "sick," and he looked at me kind of
startled, as if he'd never heard the word used that way before.
(hal. 194, ebook)
Memang sih diceritain si Darrin ini dari zaman dulu jadi bahasanya lain sama bahasa yang digunakan Percy, tapi ko rasanya gak sreg aja ya bacanya..hehee. Overall ceritanya bagus, rame, menarik banget. Salah satu yang bikin saya kurang greget adalah banyaknya tokoh Mythology yang bikin saya keleyengan, karna gak bisa inget satu-satu siapa nama dewa-dewi ataupun mosternya.. hahahaa maaf memang ingatan saya aja yang agak-agak buruk. :p

Hal lain yang saya suka adalah warning yang ada di awal cerita. "Kalau kau anak normal, yang membaca ini karena ini fiksi, bagus. Silahkan baca terus." Hahaaaa kesannya Rick Riordan sudah mengingatkan kita kalo kejadian yang ada di buku ini ada di kehidupan kita sehari-hari. ILUSTRASI ini juga bagian favorit saya, ketika saya bingung sama nama-nama monster yang banyak itu, maka penulis menyuguhkan ilustrasi yang bisa bikin saya agak-agak inget bagaimana bentuk ceritanya. Juga membayangkan berbagai makanan berwarna Biru kesukaan Percy dan ibunya. Lucu juga yaa kalo di dunia nyata kita bisa punya makanan favorite bukan berdasarkan rasa atau jenisnya tetapi berdasarkan warnanya. Sebelumnya saya sudah nonton film Percy Jackson and The Lighning Thief ini, tapi pas baca bukunya lebih puas, soalnya banyak hal yang gak diceritain di film.

Oke, ini adalah review buku Percy Jackson pertama saya dan semoga saya menyusul untuk membaca buku Percy Jackson lainnya, karena sepertinya petualangan Percy semakin tambah seru di buku-buku lainnya. Review ini dibuat untuk mengikuti acara 2013 TBRR Fantasy Reading ( Mythology) & What's In a Name Reading Challenge bulan Februari 2013.

- A

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Comments system