Sunday, February 17, 2013

[Movie] Rectoverso

"Lima Sutradara
Lima Cerita
Satu Cerita Cinta Yang Tak Terucap"
Adaptasi dari kumpulan cerita pendek
Dewi "DEE" Lestari

RECTOVERSO

Valentine = Kasih Sayang = Romantis = Cinta

Masih dalam rangka cinta-cintaan di bulan Februari ini, saya berhasil datang ke premier Rectoverso tepat disaat Valentine's Day dan juga ditemenin sama seseorang yang bisa di bilang special, karna setelah 6 tahun terpisah akhirnya ketemu lagi sama sahabat saya si "Blacky" yang dengan berbaik hati nemenin saya nonton. Ahahaaa senenglah yaa biasanya dateng ke bioskop SENDIRIAN sekarang BERDUA dan pas VALENTINE. (iya iya tau ada yang nemenin.. hahahaaa).

Kalo di buku Rectoverso itu total ada 11 cerpen, tapi di film Rectoverso hanya 5 cerpen saja yang dibuat filmnya. Di awal-awal film jujur saya gak ngerti sama ceritanya. Selain film ini bahasa nya baku, terus saya juga belom pernah baca buku atau cari tau tentang reviewnya. Saya cuma baca tweet sekilas yang bahas kalo ini film Omnibus*, Bagus, Rame, Sedih dan yang bikin menariknya itu setiap cerita, 1 sutradara. Disini ada 5 cerita berarti 5 Director, dan semua Directornya itu artis jadi saya penasaran bakalan kaya apa yaa film nya?
*Omnibus adalah penggabungan beberapa cerita terpisah dengan sebuah benang merah, menjadi sebuah tontonan yang menarik dan menyegarkan. (source : here)

Di tengah-tengah film saya baru ngerti kenapa yang ini begini, yang itu begitu, sempet juga berspekulasi kalo bakalan kaya film-film lain yang berakhir happy ending. tapi ternyata, saya salaaahh sodara-sodara... *kembali lagi,efek gak tau ceritanya seperti apa*. Oke, ini adalah jalan cerita kelima Cerita Cinta Yang Tak Terucap...

*****
Malaikat Juga Tahu
Directed By Marcella Zalianty
Abang (Lukman Sardi), berperan sebagai seorang penderita autisme, anak dari Ibu kost di tempat kostnya Leia (Prisia Nasution). Leia itu satu-satunya anak kost yang deket, mengerti, bisa berkomunikasi dan berinteraksi sama Abang. Satu hari, ada anak kost jail yang nyembunyiin kotak sabun koleksi abang, hingga jumlahnya kurang dari 100 kotak. Abang marah, kabur, mengambil 1 kotak sabun dari sebuah warung, untuglah ada Leia disana. Leia menolong Abang dengan membelikan 1 kotak sabun dan membawanya pulang, namun ketika pulang kotak sabun nya sudah kembali genap menjadi 100. Karena Abang selalu beranggapan apapun yang 100 itu sempurna, maka ia ingin mengembalikan 1 kotak sabun yang dikasih sama Leia, tapi Leia meminta Abang untuk menyimpan  kotak sabun itu, maka jika suatu hari kotak sabun Abang ada yang hilang, dia masih memiliki cadangan nya. Abang jatuh cinta kepada Leia. Tapi kemudian adik Abang, namanya Hans datang dan gak lama dia menjalin hubungan dengan Leia. Bunda yang tahu kisah cinta Abang - Leia - Hans ini mengambil langkah tegas, dan menyuruh Leia serta Hans pergi dari rumah kost Bunda. My Favorite scene disini saat Leia menemukan surat cinta Abang untuknya yang bertuliskan "Seratus itu sempurna, tetapi kamu satu lebih dari sempurna"

*****
Curhat Buat Sahabat
Directed By Olga Lydia
Regie (Indra Birowo) adalah seorang tukang fotokopi, yang diam-diam menaruh hati pada sahabatnya, Amanda (Acha Septriasa). Ini tuh cerita paling ngenes yang bisa terjadi di sekitar kita loh. Setting nya di cafe, alurnya maju mundur, keren banget. Jadi, Amanda sama Regie itu kenal dari zaman Amanda masih mahasiswi dan Regie adalah orang yang punya tempat fotokopi. Amanda sering banget curhat sama Regie tentang pacar-pacarnya, dan Regie yang diem-diem suka sama Amanda hanya bisa mendengarkan saja. Be a good listener banget ini si Regie. (Kebayang gak sih suka,sayang,cinta sama orang bertahun-tahun, dipendem, dan orang yang dikeceng itu terus-terusan cerita tentang pacarnya di depan muka kamu *pediiihhhhhhhh mameeen*). Disini tu nyeritain betapa setianya Regie nemenin Amanda disetiap keadaan, susah & senang, sehat & sakit. REGIE JUARAAA !!!
 Apa nanti Amanda bakal sadar sama apa yang terjadi??? Hanya segelas air putih yang akan menjawabnya :)

*****
Cicak di Dinding
Directed By Cathy Sharon
INI CERITA DEWASA >,< hahahaaa. Cerita antara Taja (Yama Carlos) dan Saras (Sophia Latjuba) yang gak sengaja bertemu di cafe. Mereka kenalan lalu berhubungan, disini ketauan kenapa judulnya harus Cicak -___-" , ternyata Saras punya tatto gambar Cicak di badan nya. Taja sempet ngira kalo Saras ini cewe bayaran karna mau berhubungan intim sama dia, tapi Saras menolak. Someday mereka bertemu lagi di another cafe, spending time together ngopi-ngopi, ngobrol, disini di ceritain kalo Taja itu seniman pelukis (Jadi inget Keenan...#abaikan) lalu mereka pulang dan berhubungan (lagi) di tempatnya Taja sampe akhirnya ketika pagi Saras pun kembali menghilang dari kehidupan Taja (apa dia sebenernya cuman khayalannya Taja aja yaa? abis berhubungan trus ngilang mulu wkwkwkwk). But, someday Taja dan teman baiknya (Tio Pakusadewo) ngadain pameran art, dan ternyata oh ternyataa Saras itu calon istrinya si temen itu. ahhh pokonya bener-bener Cinta yang tak terucap banget dan walaupun "Cicak di dinding"-nya bikin saya geli merinding disko, saya akuin itu romantis banget..!

*****
Firasat
Directed By Rachel Maryam
Ini adalah film yang paling saya gak ngerti pada awalnya. Bingung kenapa ini begini begitu. Ini yang saya bilang baru ngerti pas ditengah-tengah. Rupanya Panca (Dwi Sasono) merupakan ketua dari Club Firasat, dimana Senja (Asmirandah) menjadi salah seorang anggotanya. Club itu kaya perkumpulan orang-orang yang punya gift Sixsense untuk ngerasain suatu firasat tertentu, kalo ada hal-hal di deket mereka yang akan terjadi. Disini diceritain bahwa Panca dan Senja tahu bahwa akan ada satu kejadian buruk yang bakal menimpa salah satu diantara mereka berdua. Siapa yang akan tertimpa hal buruk? nonton aja filmnya... ending-nya diluar ekspektasi saya.. hikss sedih soalnyah sodara-sodara...

*****
Hanya Isyarat
Directed By Happy Salma
Cerita tentang sekumpulan backpacker dan kenapa mereka semua senang melakukan backpacker. Setting nya pantai dan persahabatan. I Really LOVE it!!. Diperkumpulan itu diceritakan bahwa ada 5 orang yang tergabung dalam persahabatan backpacker, Al (Amanda), adalah seorang gadis yang pendiam. sisa seluruhnya adalah 4 orang pria (dua pemeran utama nya Fauzi Baadila & Hamish Daud). Pada suatu malam, mereka semua menceritakan alasan-alasan apa yang bikin mereka tertarik untuk melakukan traveling. Untuk Al, ini dikarenakan dia mengagumi dan jatuh cinta kepada Raga (Hamish Daud) dan setelah pertemuan itu Al tahu bahwa dia semakin tidak bisa menjangkau seorang Raga. :'). My favorite scene saat Al bercerita tentang punggung ayam, sahabat dan makna dari kisahnya.
“Sahabat saya itu adalah orang yang berbahagia. Ia menikmati punggung ayam tanpa tahu ada bagian lain. Ia hanya mengetahui apa yang ia sanggup miliki. Saya adalah orang yang paling bersedih karena saya mengetahui apa yang tidak sanggup saya miliki.”
“Aku jatuh cinta pada seseorang yang hanya mampu aku gapai sebatas punggungnya saja. Seseorang yang aku sanggup menikmati bayangnya dan tidak akan pernah bisa aku miliki. Seseorang yang hadir bagai bintang jatuh. Sekelebat kemudian hilang. Sebelum tangan ini sanggup mengejar. Seseorang yang hanya bisa aku kirimi isyarat, sehalus udara, langit, awan atau hujan.”

Overall.... Film ini, valentine ini, cerita ini mengajarkan saya arti tulusnya cinta yang sesungguhnya, tanpa paksaan, tanpa syarat, tanpa banyak berucap. Apalagi bagian ending, saat semua cerita menemukan akhir, saat semua terangkum menjadi sebuah Cinta Yang Tak Terucap saat lantunan lagu Malaikat Juga Tahu -nya Glenn Fredly dikumandangkan. Ahh... that's it... klimaks.. cry.. nangis.. cirambaii.. mewek... KEREN.. !! Film Indonesia yang sangat bagus dan sangat wajib untuk ditonton. 5 cerita, 5 sutradara, dan semua pemain nya AMAZING !! ***** (five stars).

Happy Valentine's Day all....

-A

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Comments system