Friday, January 25, 2013

Harry Potter and The Sorcerer's Stone

Kenal buku Harry Potter ini saya inget banget waktu itu kelas 1 sma (yaa jadi ketauan deh saya angkatan berapa). Awalnya gak nyangka banget bakal jatuh cinta sama cerita ini, dulu iseng-iseng kalo pulang sekolah suka mampir ke toko buku, waktu itu asal ambil buku judulnya Harry Potter dan Kamar Rahasia. Malem-malem waktunya belajar, saya malah curi-curi baca buku itu sampe tamat malem itu juga dan karna sekolah masuk jam setengah tujuh pagi, alhasil disekolah pun sampe ngantuk-ngantuk :D. Tapi ngantuknya gak lama, hari itu juga, pulang sekolah saya balik lagi ke toko buku buat beli buku HP yang pertama sampe uang jajan langsung ludes pun udah gak dipikirin, yang penting bisa tau awal mula kenapa Harry bisa masuk sekolah sihir? Siapa Harry itu?


Buku HP ini satu-satunya buku yang bisa saya baca berulang-ulang-ulang kali banget #pemborosankata, sampe saya punya target kalo nanti udah kerja mau nabung beli yang Box Set versi Indo & English tapi khusus buat dipajang aja, bikin perpustakaan pribadi #AMIIN. Awal punya buku ini saya pelit banget, gak mau buku ini dipinjem-pinjemin ke orang lain walaupun sodara sendiri, soalnya takut kalo mereka jorok dan bikin bukunya rusak..hahaha *pelit mah pelit ajee yak*.

Oke, jadi buku ini berkisah tentang seorang anak laki-laki bernama Harry Potter, satu-satunya orang ~ uumm… well, bayi penyihir ~  yang berhasil selamat dari pembunuhan berantai si penyihir keji pada jamannya yaitu Lord Voldemort. Sampe akhirnya dia sebatang kara dan dikirim lah dia ke rumah Pamanya di dunia Muggle (manusia non-penyihir) dan menjalani kehidupan layaknya seorang manusia normal. Sampai saat Harry berumur 11 tahun, dia dapet surat dari sekolah sihir Hogwarts yang menyatakan dia akan bersekolah disana, so.. terbongkarlah bahwa dia seorang penyihir dan akhirnya masuk sekolah di dunia sihir juga, nama sekolahnya Hogwarts. 

Kalo dari cerita ini sih kehidupan di dunia sihir sama dunia muggle itu mirip-mirip yaa. Harry sebagai penyihir muda harus sekolah, beli peralatan tulis *sotoy*, buku-buku pelajaran dan semua perlengkapan yang diperluin untuk sekolah. Selayaknya anak-anak muggle kalo lagi berhadapan dengan tahun ajaran baru kan, pasti pada ribet nyiapin perkakas sekolahnya.

Nah, buat saya sendiri, gak tahu kenapa suka banget sama gambaran langit-langit aula Hogwarts yang bisa diganti-ganti itu. Gambaranya ada di buku halaman 146. Kurang lebih gini:
Harry tak pernah membayangkan ada tempat seaneh dan sehebat itu. Aula ini diterangi ribuan lilin yang melayang-layang.
Harry memandang ke atas dan melihat langit-langit hitam bagai beludru dengan bintang-bintang bertebaran. Didengarnya Hermione berbisik, “Disihir supaya tampak seperti langit diluar. Aku baca dalam buku Sejarah Hogwarts."
Sulit membayangkan bahwa di atas situ ada langit-langit, dan bahwa Aula Besar itu tidak langsung membuka ke langit.
Nah, gara-gara gambaran itu, sampe sekarang masih bercita-cita nanti kalau punya rumah sendiri pengen punya perpustakaan pribadi yang langitnya dikasih wallpaper awan tapi ada bintang-bintang yang glow in the dark nya juga, supaya kalo siang bisa kaya langit cerah dan kalo malem bisa banyak bintang-bintang di ruangan itu ^__^ #AMIIN

Lalu hari-hari Harry Potter pun berlalu seperti anak sekolah biasa yang tinggal di asrama, di damping oleh dua temannya Ron dan Hermione. Mulai dari beramtem-berantem sama Malfoy (musuh bebuyutan di kelas tetangga), aksiden kecelakaan teman asramanya Neville yang akhirnya bikin Harry keterima masuk tim Quidditch (olah raga bola yang pake sapu terbang), Harry di kasih sapu terbang Nimbus 2000 baru dari Prof. McGonagall, sampai akhirnya Harry dan Ron memulai petualangan hebat mereka dengan menyelamatkan Hermione yang lagi terjebak di toilet sama Troll (ehh gubrak kaya diapain aja “terjebak di toilet” hahahaa). 

Atas dasar ketiga tokoh utama yang bisa dibilang “selalu penasaran” alisa #kepo sama kejadian-kejadian yang ada di sekolah mereka. Akhirnya petualangan yang lebih hebat menghampiri mereka, yaitu petualangan menemukan Batu Bertuah atau bisa dibilang batu keabadian gitu deh (petualangan ini nanti bisa dibaca sendiri yaa.. kalo diceritain bisa jadi cerpen nanti.. :p ).

Nah, sebagai awam yang baru mulai ikutan review-review saya belum bisa detai yaa #Tolongdimaapkan heheee.. Tapi sebagai pembaca buku fiksi / fantasi saya bilang buku ini TOP BGT. Semua keajaiban-keajaiban yang ada di dalemnya, tokoh, nama tempat, binatang, setting tempat, sampe games-games yang diceritain semua seakan nyata. Pembaca bisa hanyut banget sama imajinasi yang ada di buku ini. And the best part, of course langit-langit aula yang magical >,<.

Oke segini dulu reviewnya yaa.. 

Judul      : Harry Potter and The Sorcerer's Stone / Harry Potter dan Batu Bertuah
Penulis   : J.K. Rowling
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama (GPU)
Terbit     : Cetakan ke-13, Maret 2002
Tebal     : 382 hlm.
ISBN     : 979-655-851-3

*Review ini dibuat untuk mengikuti acara Hotter Potter, 2013 TBRR Fantasy Reading (High Fantasy) & What's In a Name Reading Challenge bulan Januari 2013.

 - A

2 comments:

  1. Aku juga nggak rela minjemin Harry Potterku ke siapapun, dan masih ngimpi pengen punya boxset bahasa Inggris (karena baru punya yang terjemahan aja)

    ReplyDelete
  2. wih sama kak, aku masih ngiler sama box set bhs inggris yang box nya mirip koper itu loh... dari dulu baru bisa ngeliatin gambarnya doank..hahaa

    ReplyDelete

Disqus Shortname

Comments system